Ini Dia Makanan Khas Jogja Yang Mantul (Mantap Betul)

Makanan-khas-jogja-Kicak

Themillennial.my.id – Banyak orang yang selalu menanti-nanti datangnya hari liburan. Karena saat hari liburan tiba ini anda bisa meluangkan waktu sejenak setelah sekian lama beraktivitas untuk berkumpul bersama keluarga tercinta, atau bahkan pergi ke suatu tempat untuk berekreasi.

Apalagi beberapa tempat objek wisata pun tersebar di seluruh penjuru di Indonesia, termasuk di Yogyakarta.

Karena memag Yogyakarta ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia.

Selain itu, Jogja juga sangat terkenal dengan beranekaragam kulinernya.

Berikut beberapa makanan khas Jogja yang mantul (mantap betul) :

1. Nasi Tiwul

Nasi-Tiwul

Salah satu makanan tradisional khas Jogja yang populer dan banyak disukai oleh masyarakat adalah Nasi Tiwul.

Nasi Tiwul Gunung Kidul ini terbuat dari tepung gaplek, yakni singkong yang telah dikeringkan. Selain itu, Nasi Tiwul ini juga merupakan makanan pokok bagi masyarakat Gunung Kidul.

Awalnya Nasi Tiwul ini diidentikan dengan sebuah potret kemiskinan di daerah ini, karena memang Nasi Tiwul ini hanya dikonsumsi oleh kalangan mayarakat miskin.

Namun sekarang Nasi Tiwul ini juga sudah dikonsumi oleh semua lapisan masyarakat, termasuk kalangan masyarakat menengah atas.

2. Sego Abang Jirak

Sego-Abang-Jirak

Perlu diketahui bahwa Sego Abang Jirak ini merupakan makanan khas Gunung Kidul yang memiliki gizi yang tinggi dan makanan sehat.

Sago Abang Jirak ini terbuat dari bahan dasar beras merah yang kaya akan kandungan protein tinggi dibandingkan beras putih yang lebih dominan karbohidratnya.

Bukan hanya itu, beras merah ini juga dihasilkan dari ladang sawah yang tidak menggunakan pupuk berbahan kimia maupun pembasmi pestisida.

Nah, bagi anda yang suka dengan makanan organik, makanan ini bisa menjadi pilihan utama dan bisa disajikan dengan sayur lombok ijo.

3. Sayur Lombok Ijo

Sayur-Lombok-Ijo

Makanan khas Jogja berikutnya adalah Sayur Lombok Ijo. Keistimewaan dari makanan ini adalah terletak pada citarasa yang gurih dan pedas.

Dimana, rasa gurih ini didapat berkat adanya kuah santan yang cukup kental dengan ditambah racikan bumbu berupa tumisan bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, kemiri, dan rempah-rempah lainnya.

Sebagai pelengkap biasanya menggunakan tempe yang terbuat dari bahan kedelai pilihan. Tempe tersebut dibuat secara tradisional, yakni dengan menggunakan bungkus daun pisang atau bisa juga menggunakan daun jati pilihan.

Baca juga: Mencicipi Makanan Khas Lombok Yang Menggugah Selera

4. Kipo

Kipo ini merupakan salah satu makanan khas Jogja yang memiliki citarasa manis dengan tekstir legit. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh, namun makanan ini tidak tahan terlalu lama.

Kipo ini terbuat dari bahan beras ketan yang diberi pewarna hijau dari daun pandan. Kipo ini dimasak di atas wajan tanah liat menggunakan arang sehingga memiliki rasa yang unik dan lezat.

5. Kicak

Makanan-khas-jogja-Kicak

Kicak ini hanya ada di bulan Ramadhan saja yang banyak dijual di kawasan Kauman setiap sore saat Pasar Ramadhan mulai.

Makanan ini merupakan jajanan yang tterbuat dari jadah, gula, dan parutan kelapa yang dicampur dengan nangka, pandan, dan ditambahkan vanili.

Kicak ini memiliki citarasa perpaduan rasa manis, asin, dan gurih dengan tekstur yang sangat lembut.

6. Bakmi Pentil

Bakmi-pentil

Makanan khas Jogja terakhir adalah Bakmi Pentil. Makanan yang terbuat dari bahan dasar pati ketela ini berasal dari daerah Kecamatan Pundong, Bantul.

Memang mie yang satu ini sangat unik dan berbeda dengan mie pada umumnya. Dimana, bentuk mie ini sangat panjang dan ukurannya juga cukup besar, serta memiliki 2 warna khas yakni warna putih dan kuning.

Selain itu, salah satu khas dari Bakmi Pentil ini adalah rasnya yang kenyal sehingga disebut mie pentil.

Itulah beberapa makanan khas Jogja yang mantul. Jika anda sedang berkunjung ke Jogja bisa langsung mencoba mencicipi makanan-makanan di atas.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Tanah Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *