Mencicipi Makanan Khas Lombok Yang Menggugah Selera

Sate-Bulayak

Themillennial.my.id – Indonesia memang dikenal dengan berbagai kekayaan budayanya. Salah satunya adalah makanan. Sebagai bagian dari budaya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing – masing, termasuk juga Lombok.

Makanan khas Lombok adalah salah satu menu kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kalau Anda berkunjung ke Lombok, Anda akan menemukan banyak makanan khas yang menarik untuk dicicipi.

Dari mulai masakan biasa sebagai teman makan nasi, hingga makanan khas yang unik dan tidak akan Anda temukan di daerah lain.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Lombok yang harus Anda cicipi:

1. Plecing Kangkung

Plecing-Kangkung

Sesuai dengan namanya, plecing ini dibuat dengan bahan utama Kangkung. Jika Anda datang ke restoran khas Lombok, Anda pasti akan menemukan menu ini di antara berbagai makanan yang disajikan.

Ya, plecing kangkung adalah salah satu makanan khas Lombok yang ikonik dan tidak boleh dilewatkan.

Tampilan plecing kangkung Lombok memang cukup sederhana. Namun, paduan cabai rawit, garam, tomat, dan terasinya akan membuat Anda sulit untuk berhenti dan ingin mencobanya lagi lain waktu. Apalagi jika dinikmati bersama nasi panas, tambahan tauge, dan taburan kacang goreng.

2. Ayam Taliwang

Ayam-Taliwang

Jika bicara tentang makanan Lombok, ayam Taliwang tentu saja tidak boleh dilewatkan. Salah satu yang layak untuk dicoba adalah menu Ayam Taliwang Bakar.

Tapi, jika Anda lebih suka ayam goreng, Ayam Taliwang Goreng juga bisa jadi menu yang tidak kalah nikmat.

Biasanya, ayam taliwang dibuat dengan menggunakan ayam kampung yang masih muda. Karena itu, rasanya dagingnya juga empuk dan gurih.

Anda juga bisa membawakan menu ayam taliwang sebagai oleh – oleh. Meskipun melewati perjalanan Lombok – Jakarta, kenikmatan ayam taliwang tidak akan berkurang.

Baca juga: Mau Ke Jawa Timur? Yuk Ke Tempat Wisata di Malang yang Seru Ini

3. Sate Bulayak

Sate-Bulayak

Anda yang pernah ke Lombok pasti pernah mendengar nama Sate Bulayak. Meskipun tidak terlalu familiar, sajian Sate Bulayak ini adalah salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan.

Sekilas, sate ini memang masih mirip dengan sate Madura lainnya. Hanya saja, lontong pada sate bulayak dibungkus dengan daun aren yang berbentuk spiral.

Sate Bulayak dibuat dengan menggunakan daging sapi dan dipadukan dengan sambal khas Suku Sasak.

Penasaran? Anda harus mencoba makanan khas Lombok satu ini. Menikmati sate bulayak akan semakin nikmat jika disantap dengan tangan.

4. Nasi Balap Puyung

Nasi-Balap-Puyung

Nasi Balap Puyung adalah salah satu makanan Lombok yang akan membuat Anda rindu ingin kembali ke Lombok. Rasa pedasnya membuat Anda ingin terus menikmati makanan ini. Apalagi, nasi balap puyung biasanya disajikan dengan tambahan ayam suwir, cabai, kacang kedelai, taburan rebon kering, abon, dan belut yang menggugah selera.

5. Ares

Ares

Mau coba mengenang masa lalu? Cobalah untuk menikmati Ares. Makanan khas Lombok satu ini akan membuat Anda bernostalgia ke masa lalu.

Hal ini karena Ares diolah dari bahan yang unik, yaitu pelepah pisang muda. Meskipun begitu, rasa Ares tidak perlu diragukan lagi.

Makanan satu ini juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencicipi makanan Lombok yang tidak pedas.

Ares memiliki rasa yang manis dan gurih karena dalam pengolahannya juga menggunakan santan. Biasanya, Ares disajikan pada saat pernikahan suku Sasak.

Nah, itulah beberapa makanan khas Lombok yang akan Anda temui saat berkunjung ke Lombok. Di antara berbagai makanan khas tersebut, manakah yang paling menggugah selera Anda?

Baca juga: Ini dia Cara Membuat Obat Batuk Herbal dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *