4 Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicoba

Lumpia-Semarang

Themillennial.my.idKota Semarang memiliki beberapa nama julukan, dan salah satunya sebagai kota Lumpia.

Pasalnya kota Semarang yang didominasi penduduk dari suku Jawa tersebut terdapat makanan khas berupa lumpia.

Makanan khas Semarang tidak hanya lumpia saja tetapi masih banyak makanan khas lainnya yang secara langsung terlahir di kota Semarang ataupun hasil akulturasi dari beberapa budaya.

Lumpia sendiri merupakan akulturasi dari 2 budaya yaitu Jawa dan Cina.

Berikut dibawah ini 4 makanan khas Semarang yang wajib dicoba yaitu:

1. Tahu Petis

Dari namanya saja kamu pasti sudah tahu jika tahu petis merupakan makanan pedas dari Semarang dengan bahan dasar tahu lalu diberi irisan petis.

Supaya petisnya bisa masuk kedalam, tahu harus disayat terlebih dahulu, tetapi jangan sampai terbelah, lalu petisnya dimasukkan.

Tahu yang digunakannya tahu putih yang tidak terlalu padat, lalu tahu pun siap untuk digoreng. Saat menggoreng, usahakan tahunya tidak kering, lalu tahu diisi petis dengan cara disayat.

Jika kamu suka pedas, bisa juga menyantapnya dengan tambahan cabai rawit segar supaya terasa lebih enak

2. Lumpia Semarang

Rasanya tidak lengkap jika kamu berkunjung ke kota lumpia tetapi tidak mencicipi makanan lumpia itu sendiri.

Makanan dengan nama Inggris Spring Roll ini terbuat dari adonan tepung yang dibuat bundar lalu diberi isian lalu dilipat dan digulung, setelah itu baru dimasak didalam minyak panas.

Makanan khas Semarang yang memiliki nama lain lumpia ini diberi isian daging ayam, bawang putih, telur orak arik, ebi, kecap, potongan sayuran, dan bahkan rebung.

Cara memakannya bisa mencocolnya bersama saus segar atau disantap langsung, apapun cara makannya, keduanya sama sama enak.

Baca juga: Mencicipi Makanan Khas Lombok Yang Menggugah Selera

3.Pisang Plenet

Pisang Plenet mungkin tidak sepopuler lumpia, mocha, atau bandeng presto yang notabene sama sama merupakan makanan khas kota Semarang. Hal itulah yang hampir membuat pisang planet punah karena sulit sekali ditemukan.

Padahal makanan khas berbahan dasar pisang ini rasanya enak. Cara membuatnya sangatlah mudah, pertama tama memilih pisang kapok matang lalu dibakar diatas api kecil hingga agak gosong kecokelat cokelatan.

Setelah itu pisang ditiriskan lalu dipipihkan dan diberi olesan margarin ada yang cokelat, meises, selai nanas, ataupun gula bubuk. Terakhir tutup lagi dengan pisang pipih sehingga mirip dengan pembuatan roti tawar isi.

4. Tahu Pong

Makanan khas kota Semarang yang bernama Tahu Pong ini terbuat dari tahu yang diberi isian kopong. Biasanya Tahu Pong ini akan dimakan bersama gimbal udang (bakwan udang dengan bentuk pipih) dan sambal rawit pedas untuk dicocolkan.

Selain itu masih ada makanan pelengkap lainnya berupa irisan acar lobak dan tahu pong emplek yang digoreng dengan telur.

Cara membuatnya sangatlah mudah, pertama tama siapkan terlebih dahulu tahu khusus lalu digoreng dalam minyak panas hingga garing sehingga dihasilkannya tahu tanpa isi.

Untuk penyajiannya tahu dipotong potong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian supaya mudah saat mencocolnya dengan sambal rawit bercampur petis.

Makanan khas ini pedas manis dari sambalnya, gurih dan empuk dari tahunya.

Selain itu masih ada makanan khas Semarang lainnya yang wajib dicoba yaitu Gandos yang terbuat dari tepung beras dengan campuran santan lalu diberi garam, setelah itu masukkan ke loyang sebagai cetakannya. Kemudian adonan didalam loyang tersebut akan dimasak diatas api yang sangat panas.

Baca juga: Ini Dia Makanan Khas Jogja Yang Mantul (Mantap Betul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *