10 Cara Simple Dalam Menerapkan Gaya Hidup Sehat

gaya-hidup-sehat

 Jika berhasil menjalankan gaya hidup sehat, tentu saja kita juga akan mendapatkan kehidupan yang sehat dimasa tua mendatang. Terlebih bila cara-cara hidup sehat tersebut diterapkan secara teratur, yang sudah pasti akan menghasilkan hidup yang berkualitas. 

Akan tetapi, tak sedikit masyarakat kita yang belum terbiasa menjalani pola hidup sehat terlebih di era modern seperti sekarang ini. Hal itu pun terbukti, dimana mereka menyukai gaya hidup yang serba praktis sehingga kerap mengesampingkan masalah kesehatannya. Pada dasarnya, menjalani gaya hidup sehat itu tidaklah sulit dan tidak membutuhkan biaya mahal. Namun, rasa malaslah yang kerap menjadi hambatan untuk menjalani gaya hidup sehat tersebut. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai tentang cara menerapkan gaya hidup sehat, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Cara Simple Dalam Menereapkan gaya hidup sehat

1. Menghirup Udara Bersih

Berbicara soal udara bersih, pasti pikiran kita akan langsung tertuju pada daerah-daerah pedesaan dan pegunungan bukan? Ya, hal itu memang benar adanya, dimana daerah pedesaan dan pegunungan memiliki udara yang segar karena panorama alamnya masih terjaga dengan baik. Padahal, udara bersih itu juga bisa kita dapatkan tanpa harus pergi ke pedesaan lho. 

Dalam hal ini, kita hanya perlu bangun di pagi hari untuk mendapatkan udara segar. Mengapa harus di pagi hari? Pasalnya, udara di pagi hari itu belum tercemar oleh polusi. Ketika kamu bangun tidur, maka bukalah jendela kamarmu kemudian hiruplah udara pagi yang masih segar. Berdasarkan dari hasil penelitian, udara segar ini sangat bagus untuk  organ pernafasan, serta oksigen yang kita hirup itu bisa membuat tubuh menjadi lebih fresh dan berenergi. 

Disamping itu, usahakan untuk selalu membersihkan udara di rumah mulai dari membersihkan kipas angin, AC, hingga perabotan yang berdebu. Tak hanya itu, hindari pula berbagai polusi lainnya seperti asap rokok, asap kendaraan, asap polusi pabrik, dan lain sebagainya. Pasalnya, asap polusi tersebutlah yang akan menurunkan konsentrasi pikiran serta mengancam kesehatan tubuh. 

2. Mengonsumsi Air Putih

Memang tidak bisa dipugkiri lagi, bahwa meminum air putih merupakan salah satu cara paling mudah dalam menerapkan gaya hidup sehat. Air putih itu sendiri tanpa bahan pengawet, serta mengandung molekul-molekul netral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya itu, air putih juga tidak mengandung glukosa sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. 

Menurut para pakar kesehatan, kita dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 – 10 gelas per harinya. Sesibuk apapun rutinitasmu, maka jangan sampai kesibukanmu itu menjadi alasan untuk tidak meminum air putih. Sebab jika tubuh kekurangan cairan, tentu saja tubuhmu akan mengalami dehidrasi dan proses pembuangan racun serta logam berat di dalam tubuh menjadi terhambat. Dengan memperbanyak mium air putih, maka tuibuhmu akan terasa lebih bugar dan berenergi untuk menjalani rutinitas. 

3. Mengonsumsi Makanan Yang Sehat dan Bergizi

Tak hanya minum air putih, kita juga tentunya harus memenuhi asupan nutrisi yang seimbang dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Tapi, masih banyak yang beranggapan bahwa makanan-makanan yang sehat dan bergizi itu sangatlah mahal. Padahal, makanan yang sehat bergizi bisa kita dapatkan pada jenis-jenis makanan yang murah lho. Sebut saja beberapa diantaranya seperti tahu, tempe, telur, buah-buahan, dan sayuran berdaun hijau.  

4. Hindari Stress

Ada beragam faktor yang membuat kita bisa stress, yakni tekanan dalam pekerjaan, masalah rumah tangga, dan lain sebagainya. Nah, untuk meminimalisir atau bahkan menghindari stress, sebaiknya alihkan pikiranmu pada kegiatan-kegiatan yang menghibur, seperti bermain bersama keluarga, bermain game, menonton film, dan lain sebagainya. 

5. Melakukan AKtifitas Dengan Seimbang

Jangan sampai kamu memporsir diri terhadap pekerjaan. Soalnya, kondisi tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan fisik maupun pikiran lho! Menurut informasi yang di dapat, orang dewasa itu setidaknya membutuhkan waktu istirahat tidur selama 7 – 8 jam perharinya. Selain mencukupi waktu tidur, kamu juga harus berolahraga secara rutin dan teratur dengan durasi 30 menitan. 

Baca Juga : Ini Dia Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

6. Mengonsumsi Suplemen

Tips yang satu ini memang tidak terlalu dianjurkan dalam menjalani pola hidup sehat. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi suplemen gizi untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh. Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa konsumsi suplemen ini bisa mengesampingkan asupan nutrisi harianmu. Dengan kata lain, kamu juga harus tetap memperhatikan asupan nutrisi harian tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi.  

7. Hindari Minuman-minuman Bersoda dan Beralkohol

Perlu kamu ketahui, bahwa minuman bersoda ini memiliki pemanis buatan yang cukup tinggi sehingga sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Ya, pemanis buatan yang terus menumpuk di dalam tubuhmu itu akan memicu berbagai masalah serius, yang salah satunya adalah obesitas alias kelebihan berat badan. Jika berat badanmu berlebihan, tentu saja kamu akan rentan terhadap penyakit diabetes. Begitupun dengan minuman beralkohol yang tidak kalah mengerikannya bagi kesehatan tubuh. Sebab, minuman beralkohol tersebut bisa memicu penyakit tumor hati, darah tinggi, membakar ginjal, dan penyakit serius lainnya. 

8. Biasakan Untuk Selalu Mencuci Tangan Setelah Beraktivitas

meski terlihat sederhana, namun kebiasaan selalu mencuci tangan setelah beraktivitas itu sangat penting dalam menjalani pola hidup yang sehat. Ya, terlebih di tengah pandemic covid-19 seperti sekarang ini, dimana kebiasaan mencuci tangan sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Soalnya, air sudah terbukti efektif dalam membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tangan kita. Agar hasilnya lebih maksimal, usahakan juga untuk membersihkan tangan dengan sabun. 

9. Jangan Merokok

Berdasarkan dari hasil survey, Indonesia merupakan salah satu Negara sebagai konsumen tembakau terbanyak di dunia. Bahkan yang lebih mirisnya lagi, 20% perokok aktif di Indonesia itu adalah anak-anak dibawah umur lho! Padahal, kebiasaan buruk yang satu ini sama sekali tidak memberikan dampak yang positif untuk kesehatan tubuh. Malah sebaliknya, justru kebiasaan merokok bisa mengundang berbagai jenis penyakit serius. Ya, penyakit-penyakit serius tersebut diantaranya adalah hipertensi (darah tinggi), serangan jantung, kanker, gangguan pada janin, merusak paru-paru, dan masih banyak lagi. 

Mengingat bahayanya yang sedemikian rupa, sudah menjadi keharusan bagi kamu untuk segera berhenti merokok. Berhenti merokok itu memang tidak bisa langsung terjadi karena membutuhkan proses. Dalam hal ini, kamu bisa mulai mencoba dengan mengurangi kebiasaannya. Misalkan dulu kamu bisa menghabiskan 1 bungkus dalam sehari, maka mulai saat ini cukup 1 – 3 batang rokok saja per harinya. Lama kelamaan, kamu pun akan berhasil meninggalkan rokok secara total.

10. Selalu Sarapan 

Cara simple berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat, yakni selalu sarapan dengan makanan-makanan yang bergizi. Selain itu, jangan lupa juga untuk diimbangi dengan mengonsumi air putih atau segelas susu. 

Baca Juga : 10 CARA DIET SEHAT YANG HARUS KAMU KETAHUI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *