Ini dia Tanda-Tanda Kanker Serviks Yang Harus Diketahui

tanda-tanda kanker serviks

Themillennial.my.id – Salah satu penyakit ganas yang paling banyak memakan korban jiwa, terutama kaum wanita adalah kanker serviks.

Bahkan kanker serviks/rahim ini bisa dibilang sebagai the silent killer atau pembunuh diam-diam bagi kaum wanita.

Soalnya, kanker rahim ini seringkali tidak menunjukkan gejala apa pun hingga tahap yang cukup parah. Walaupun kanker serviks ini sulit dideteksi, namun ada beberapa gejala kanker serviks yang harus diketahui.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang tanda-tanda kanker serviks sebagai berikut ini:

1. Kelelahan Parah

Kelelahan yang parah ini bisa menjadi salah satu gejala atau tanda-tanda kanker rahim yang harus diwaspadai.

Sebenarnya, satu dari beberapa tanda-tanda kanker serviks ini cukup umum yang juga bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit lainnya.

Karena secara khusus, kelelahan parah yang merupakan gejala dari adanya kanker rahim ini biasanya disebabkan akibat dari perdarahan vagina yang tidak normal.

Lalu kondisi yang merupakan tanda-tanda dari kanker rahim ini akan membuat jumlah sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh menurun.

Alhasil, anda akan merasa sangat lelah sepanjang waktu tanpa alasan yang jelas. Artinya anda bisa merasakan kelelahan yang luar biasa walaupun sedang tidak melakukan aktivitas apapun.

Oleh karena itu, apabila anda selalu merasakan tubuh sangat lelah sekali padahal tidak sedang melakukan aktivitas berat maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

2. Berat Badan Turun Secara Tiba Tiba

Sama halnya seperti jenis kanker lainnya, turunnya berat badan secara tiba-tiba bisa juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda dari kanker serviks. Kondisi ini terjadi tanpa persiapan, dalam arti memang anda tidak sedang melakukan program diet.

Namun gejala seperti ini dipengaruhi oleh kondisi seperti merasa nyeri, kelelahan, dan merasa tidak nyaman pada tubuh.

Akibat dari kanker rahim ini adalah anda jadi tidak nafsu makan sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Memang penurunan berat badan secara tiba-tiba ini sebenarnya tidak selalu mengarah pada tanda-tanda kanker rahim.

Namun sebaiknya anda juga jangan meyepelekannya, apalagi saat penurunan berat badan ini datang bersamaan dengan berbagai gejala kanker rahim lainnya.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Tradisional yang Lebih Ampuh

3. Selalu Merasa Mual

Ciri-ciri kanker serviks berikutnya adalah selalu merasa mual. Gejala kanker rahim ini muncul karena saat leher rahim membengkak ke arah rongga perut, maka saluran pencernaan dan lambung menjadi tertekan.

Akhirnya, gejala kanker rahim ini kemudian akan memicu refluks asam atau naiknya asam lambung ke tenggorokan sehingga membuat anda terus merasa mual. Akan tetapi, ciri-ciri ini bukanlah tanda utama dari kanker rahim.

4. Nyeri Punggung Bawah dan Panggul Yang Terus Menerus

Nyeri punggung dan panggul biasanya adanya masalah pada organ reproduksi, termasuk leher rahim/serviks. Terlebih lagi anda harus waspada saat nyeri punggung bawah secara intens.

Selain itu, gejala kanker serviks yang ditandai dengan nyeri panggul dan punggung bawah juga bisa menyebar ke organ tubuh yang lainnya. Seperti usus, kandungan kemih, paru-paru atau hati.

Dalam hal ini, Dr.Chapman Davis mengungkapkan bawa ini mungkin berarti bahwa tanda-tanda kanker serviks di dalam tubuh sudah berkembang ke stadium lanjut.

Akhirnya, kanker rahim ini bisa membuat anda mengalami sakit pada punggung dan kaki.

Itulah beberapa tanda-tanda kanker serviks yang harus anda ketahui. Semoga dengan mengetahui tanda-tandanya anda bisa mengtasi kanker serviks sedini mungkin.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cepat dan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *