8 Langkah Cara Bayar Pajak Online Via ATM

Cara-bayar-pajak-secara-online

Themillennial.my.id – Pernahkah Anda mendengar tentang nama Pajak Bumi dan Bangunan? Pajak Bumi dan Bangunan atau yang biasa disingkat dengan nama PBB adalah pajak yang dikenakan apabila Anda memiliki harta berupa bangunan atau tanah atas nama sendiri.

Pajak ini akan dibayarkan sesuai dengan luas tanah dan bangunan. Semakin besar atau luas bangunannya, maka akan semakin mahal pajaknya.

Dulu, Anda harus membayar pajak bumi dan bangunan ini di kantor pajak. Tetapi seiring berkembangnya zaman, Anda bisa membayarkan pajak bumi dan bangunan ini secara online.

Sebelum itu, tentu Anda perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila membayar pajak bumi dan bangunan secara online.

Manfaat pertama adalah tidak perlu antri. Bagi Anda yang seorang karyawan atau memiliki jam kerja yang teratur, tentu akan sulit untuk mendapatkan izin waktu sebentar. Anda bisa membayar pajak secara online agar Anda tidak perlu lagi meminta izin saat jam kerja.

Manfaat yang berikutnya adalah tidak terikat dengan jam operasional bank. Jam operasional bank sangatlah mepet dengan jam pulang kerja, sehingga Anda tentu kesulitan untuk membagi waktu.

Solusinya adalah dengan membayar pajak secara online. Lalu, bagaimana langkah cara bayar pajak online melalui ATM? Berikut ini langkah-langkahnya:

Cara-bayar-pajak-online

1. Pilih menu pembayaran

Setelah memasukkan kartu dan kata sandi, Anda akan dihadapkan pada beberapa menu. Menu yang harus Anda pilih pertama kali adalah menu pembayaran. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah atau step berikutnya.

2. Pilih menu pembayaran lainnya

Setelah memilih menu pembayaran, Anda bisa langsung klik di bagian pembayaran lainnya. Setelah itu, Anda akan diberikan pilihan pembayaran yang lebih spesifik.

3. Pilih pembayaran pajak negara

Setelah memilih menu pembayaran lainnya, Anda bisa memilih pembayaran pajak negara. Cukup mudah untuk menemukan pilihan yang satu ini.

4. Pilih PBB

Akan ada banyak sekali pilihan pembayaran yang tertera. Anda tidak boleh bingung dalam mencari, karena PBB ada diantara sekian banyak pilihan tersebut. Jangan sampai salah pilih, karena bisa jadi pilihan tersebut diulang kembali ke halaman pertama.

5. Pilih bayar

Setelah memasukkan nominal, Anda bisa langsung memilih pilihan bayar. Biasanya, setelah itu akan ada konfirmasi ulang sebelum memasuki laman cek data diri.

Baca juga: Masalah Sektor Perikanan dan Pekerjaan Rumah untuk Pemerintah Baru

6. Cek data

Lakukan periksa data untuk memastikan apakah data diri dan informasi yang Anda masukkan sudah benar. Jangan sampai ada satupun angka yang terselip atau dimasukkan berlebih dalam proses cek data ini.

7. Masukkan tahun

Tahun yang harus Anda masukkan adalah tahun pembayaran PBB. Misalnya, Anda akan membayar PBB untuk tahun 2019. Maka Anda bisa memasukkan 2019 dalam pilihan atau langkah ini.

8. Masukkan NOP

Yang dimaksud dengan NOP adalah Nomor Objek Pajak. Setiap objek pajak tentu memiliki nomornya masing-masing. Anda harus memasukkannya saat ingin membayar. Pastikan nomor objek pajak yang tertera di layar ATM sudah sesuai dengan suratnya.

Itu dia 8 langkah yang harus Anda ikuti apabila Anda ingin membayar pajak bumi dan bangunan secara online melalui ATM. Cara ini tentu lebih mudah dan praktis dibandingkan mengantri di kantor pajak atau di bank

Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit untuk melakukan pembayaran via ATM ini. Sangat mudah untuk dilakukan bukan?

Baca juga: Review Spesifikasi & Harga Laptop Acer 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *