Makanan Khas Palembang yang belum diketahui banyak orang

kuliner-palembang

Kota Palembang memang terkenal dengan banyaknya kuliner khasnya seperti yang banyak diketahui orang-orang yaitu empek-empek. Makanan khas Palembang memang beragam dan banyak sekali orang yang menyukainya dari berbagai kalangan. Beberapa pecinta kuliner dan chef memang sangat tertarik untuk mencicipi atau membuat makanan khas Palembang yang masih kental dengan bumbu rempah-rempah. Namun sayangnya tak semua makanan khas Palembang banyak dikenal nah kalian penasaran makanan khas Palembang apa saja yang belum banyak diketahui orang-orang? Berikut simak ulasannya.

1.Brengkes Tempoyak

brengkes-tempoyak-palembang

Brengkes Tempoyak adalah makanan khas kota Palembang yang memang tidak seterkenal empek-empek dan pindang patin. Meskipun begitu brengkes tempoyak memiliki rasa yangbtak kalah enak dari kedua makanan tersebut. Brengkes Tempoyak adalah makanan yang berbahan dasar ikan patin namun bukan itu yang menarik melainkan bumbu yang dibuat dengan menggunakan durian yang sudah diolah melalui proses fermentasi. Brengkes Tempoyak sangat disukai orang Palembang namun makanan ini masih terasa asing di lidah daerah lainnya karena tak banyak orang yang menyukai makanan dari proses fermentasi. Rasa brengkes Tempoyak sendiri memiliki rasa yang gurih hal ini disebabkan karena pembuatan brengkes tempoyak juga menggunakan rempah-rempah seoertu kunyit, laos, serai dan bawang.

2.Lenggang

lenggang-palembang

Sebenarnya makanan khas Palembang yaitu empek-empek juga memiliki pesaing dengan makanan terfavorit yaitu lenggang. Kedua makanan ini memang sangat digemari di dunia kuliner khas Palembang. Bagi kalian yang belum pernah mencoba lenggang saya merekomendasikan makanan ini untuk kalian yang juga doyan dengan empek-empek. Dari segi bahan lenggang memang menggunakan bahan yang tidak jauh berbeda dari empek-empek yaitu ikan, dan tepung serta rempah-rempah. Namun yang membedakan adalah cara memasak dan menyajikannya yaitu dengan menggunakan daun pisang yang berbentuk kotak. Dengan memasak menggunakan daun pisang pastinya aroma akan memiliki perbedaan. Selain itu yang membedakan lenggang dengan empek-empek adalah teksturnya yang sedikit padat dan tidak memiliki rongga pada bagian makanannya.

3.Pindang tulang

pindak-tulang-palembang

Berbeda dengan pindang patin yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, sedangkan pindang yang satu ini memiliki bahan utama tukang. Namun tukang yang dibuat bukan menggunakan tukang ayam melainkan menggunakan tulang sapi yang diolah menjadi lezat. Jika kalian berpikir bahwa apa yang akan dimakan jika makanan isinya tulang? Ya hal itu wajar saja tetapi untuk membuat pindang tulang haruslah tulang yang masih memiliki sum-sum dan sedikit daging pada bagian tulang agar bisa si olah. Memang dari segi kuah dan bumbunya pindang tulang masih memiliki bahan dan rasa yang sama namun yang membedakan adalah bahan utamanya yang menggunakan tulang.

4.Malbi

malbi-palembang

Pastinya nama malbi sangat lah asing di telinga kita, makanan khas Palembang yang satu ini memang tidak setenar makanan lainnya namun dari segi cita rasa tidak bisa diremehkan. Makanan ini diolah dengan menggunakan rempah-rempah yang pastinya memiliki rasa yang lezat selain itu makanan ini memiliki bahan utama yakni daging sapi. Memang jika kalian melihat sekilas makanan ini seperti semur namun saat dicoba rasanya akan sangat berbeda hal ini dikarenakan malbi yang diolah menggunakan lada serta pala. 

Nah itulah beberapa informasi seputar makanan khas Palembang yang jarang diketahui banyak orang. Tentunya semua makanan memiliki rasa yang khas namun semua tergantung dari selera kita masing-masing. Bagaimana apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Baca juga : INILAH CARA MEMULAI USAHA KULINER SUPAYA BERJALAN DENGAN LANCAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *