Kenali Tanda Awal Kehamilan Pada Wanita Baru Menikah Berikut Ini!

Tanda-tanda-awal-kehamilan

TheMillennial.my.id – Di awal pernikahan, kehamilan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Namun karena belum berpengalaman, ada kalanya istri sudah menunjukkan tanda awal kehamilan namun tidak diketahui hingga kehamilan berusia 1 atau 2 bulan.

Padahal dengan mengenali kehamilan lebih dini Anda dan pasangan dapat memaksimalkan kesehatan tubuh dan janin sejak awal sehingga mendapatkan kehamilan yang optimal. Untuk itu mempelajari apa saja yang bisa menjadi tanda-tanda kehamilan setelah menikah menjadi perlu dilakukan.

Apa saja tanda kehamilan di awal semester pertama bagi wanita yang belum pernah hamil sebelumnya? Berikut ini Themillennial.my.id akan membahas beberapa tanda yang sering dialami oleh wanita:

1. Nyeri payudara yang lebih lama

Nyeri pada payudara bisa terjadi 2 minggu setelah terjadinya pembuahan. Hal ini disebabkan karena produksi hormon kewanitaan yang lebih besar dan mempengaruhi payudara. Nyeri pada payudara juga sering menjadi tanda akan terjadinya menstruasi sehingga wanita sering salah mengartikannya.

Perbedaan dari keduanya adalah pada kehamilan awal, nyeri menjadi lebih lama bahkan dimulai sejak 2 minggu setelah pembuahan dan berlangsung hingga masa menstruasi terlewatkan. Siklus menstruasi yang tiba-tiba tak kunjung tiba juga seringkali dianggap sebagai salah satu tanda-tanda bahwasannya proses pembuahan sedang terjadi di rahim Anda.

2. Pendarahan kecil

pendarahan-kecil

Setelah mengalami pembuahan, beberapa wanita bisa mengalami pendarahan kecil atau yang disebut sebagai implantasi sebagai tanda awal kehamilan.

Pendarahan ini hanya berupa bercak kuning atau kecoklatan saja yang menjadi tanda telah terjadinya pembuahan yang berhasil.

Namun tak semua wanita mengalaminya dan bagi yang mengalami, hal ini bisa terjadi hingga 7 hari setelah masa pembuahan.

3. Porsi makan bertambah

Tanpa disadari wanita yang berada di awal usia kehamilan akan mengalami penambahan porsi makan.

Bukan hanya porsinya saja, namun wanita akan mengalami ngidam atau keinginan untuk makan suatu makanan yang spesifik.

Bukan hanya makanan asam saja namun juga makanan manis, asin dan lainnya yang bisa jadi tidak disukai sebelumnya.

Dengan mengetahui tanda awal kehamilan lebih dini, Anda dan pasangan dapat lebih memperhatikan kondisi kesehatan ibu hamil serta janin yang ada di dalam kandungan.

Namun untuk memastikan apakah benar terjadi kehamilan maka sebaiknya Anda langsung membawa istri ke bidan atau puskesmas untuk memeriksakan secara lebih pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *